Minggu, 12 April 2015

Tugas 2, Deskriptif dan Persuasif .





1.   Deskriptif
     Berisi gambaran mengenai suatu hal atau keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, merasa atau mendengar hal tersebut.
   contoh :

Gadis  itu menatap kakek tua dengan seksama. Hati gadis tersebut semakin gencar melihat kakek tua  yang ada dihadapannya. Ya, karena memang kakek tua didepanya itu sangat terlihat kusut. Wajah yang sudah menua. Rambut yang sudah memutih. Baju yang terlihat sudah tidak layak untuk dipakai. Dengan membawa sebuah  karung dan sebuah alat untuk mengambil bekas gelas-gelas aqua. Memberikan pijar yang sangat membuat hati merasa iba.


2.  Persuasif
     Karangan ini bertujuan mempengaruhi emosi pembaca agar berbuat sesuatu. isi   paragraf ini mempromosikan sesuatu dengan cara mempengaruhi atau mengajak  pembaca. Paragraf persuasif banyak dipakai dalam penulisan iklan,terutama majalah dan Koran . 
  contoh :

Dalam diri setiap bangsa Indonesia harus tertanam nilai cinta terhadap sesama manusia sebagai cerminan rasa kemanusiaan dan keadilan. Nilai-nilai tersebut di antaranya adalah mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya, mengembangkan sikap tenggang rasa dan nilai-nilai kemanusiaan. Sebagai sesama anggota masyarakat, kita harus mengembangkan sikap tolong-menolong dan saling mencintai. Dengan demikian, kehidupan bermasyarakat dipenuhi oleh suasana kemanusian dan saling mencintai.

Referensi : http://rororizky.blogspot.com/2012/10/tugas-bahasa-indonesia-kalimat-efektif.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar