Rabu, 28 November 2012

KEBUDAYAAN

1. pengertian kebudayaan dan peradaban yaitu sekelompok manusia atau ruang lingkup manusia yang memiliki daya fikiran, akal, adat istiadat, kesenian dan juga berkaitan dengan perilaku manusia atau tingkah laku manusia yang di anggap baik ataupun buruk dan kebudayaan juga merupakan suatu yang sifatnya turun menurun dari suatu generasi ke generasi berikutnya.

2. wujud kebudayaan dan  unsur-unsur kebudayaan
 wujud kebudayaan dibagi menjadi 3 yaitu gagasan, aktifitas dan artefak(karya).
 gagasan yaitu kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide atau gagasan.
aktiitas yaitu wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu sendiri.
artefak yaitu wujud kebuayaan fisik yang  berupa aktifitas , perbuatan dan karya semua manusia.
unsur-unsur budaya ada 4 yaitu alat-alat teknologi, sistem ekonomi, keluarga, dan kekuasaan politik.

 3. hubungan antara manusia, masyarakat, dan kebudayaan sangat erat karena kebudayaan merupakan objek yang dilaksanakan atau dilakukan manusia, dan kebudayaan juga merupakan perwujudan dari manusia itu sendiri. tanpa adanya kebudayaan hidup manusia tidak akan berwarna atau akan terasa datar.

4. pengaruh budaya barat memiliki efek positif maupun negatif semua tergantung terhadap pemikiran kita masing-masing, jika kita berfikiran positif pastinyakita bisa memilih mana budaya barat yang bisa ditiru dan tidak. salah satu contoh efek positif pengaruh budaya barat bagi kebudayaan nasional adalah bebagai informasi melalui media cetak dan elektronik dengan kemajuan teknologi modern dapat mempercepat akses pengetahuan tentang budaya. hal tersebut dapat membawa perubahan kehidupan manusia di indonesia

5. hubungan kebudayaan dan agama jelas saling berhubungan 1 sama lainnya karena agama memiliki makna menaaati, mengikuti dan sekumpulan keyakinan yang ada di dalam diri setiap manusia terhadap allah swt, agam juga memiliki aturan-aturan dan peranan aktif didalam kebudayaan manusia, spiritual manusia juga menjadi faktor penyempurna kehidupan manusia.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar